Kursus Singkat Bikin Game

*** UNTUK SEMENTARA SAYA TIDAK MENERIMA MURID BARU ***

Kamu juga bisa membuat game dengan mudah. Saya akan ajarkan.

Kursusnya cukup 60 menit saja (1 kali pertemuan) kamu pasti bisa. Karena dengan tools 3D Gamemaker, bikin game tidak perlu mengerti pemrograman. Syaratnya: udah kelas 3 SD ke atas.

Kalau mau belajar Dasar-dasar Game Maker juga boleh (3 kali pertemuan).

Kursus diadakan di rumah saya (Tangerang). Tapi janjian dulu ya. SMS aja ke 0856-123-7920 (Bp. Julius)

Saya juga bersedia mengajar ekstrakurikuler Bikin Game, menjadi guru tamu ataupun mengadakan workshop Bikin Game 1 hari.

www.kursusgame.blogspot.com

Senin, 18 Agustus 2008

Ide game untuk orang cacat

Saya punya seorang saudara yang cacat bisu tuli. Dia senang sekali main game. Dia punya handphone ngage, jadi saya bisa masukin banyak game. Dia juga punya kamera yg ada gamenya. Dia juga punya game ukuran saku. Dulunya sih dia main game komputer juga, tapi sekarang di rumahnya tidak ada komputer. Oya, dia juga punya game yang untuk dimainkan di TV.
Jadi cacat bisu tuli tidak menghalangi seseorang untuk main game ya.
Minggu lalu saya ikut rombongan kantor ke panti asuhan tuna netra. Nah, gimana dengan game untuk teman2 kita yang buta ini? Apakah sudah ada yang buat? Saya belum sempat untuk mencarinya.
Tapi mari kita berpikir kreatif untuk mereka ya. Saya pikir seorang anak tuna netra mayoritas tidak memiliki komputer di rumahnya (karena orang2 normal pun mayoritas tidak punya komputer ya). Dan mayoritas tidak ada PS atau lainnya di rumahnya. Jadi secara ekonomis, bila ada pembuat game yang membuat game khusus untuk orang buta, pembuat gamenya akan kesulitan memasarkan programnya.
Jadi apa yang bisa dipakai untuk bermain game elektronik di rumahnya? Handphone. Ya, karena handphone sudah memasyarakat. Jadi minimal ayah-ibunya atau saudaranya di rumahnya punya handphone.
Nah, game seperti apa yang cocok untuk mereka? Saya terpikir game tembak-tembakan yang cara memainkannya adalah menggunakan keypad di handphone. Segala petunjuk permainan dan jalannya permainan mengandalkan suara. Pemain game adalah seorang pilot pesawat tempur di dalam pertempuran sengit. Bila ada pesawat lawan dari kiri (game mengeluarkan suara khusus yang mewakili pesawat lawan yang datang dari kiri), pemain harus menekan tombol kiri. Bila ada pesawat lawan dari kanan (suaranya beda), pemain harus menekan tombol kanan. Bila ada pesawat dari depan (suaranya beda lagi), pemain harus menekan tombol atas. Dst, dst. Setiap kali berhasil menembak lawan, akan terdengar suara ledakan (ledakan di kiri beda suaranya dengan ledakan di kanan atau di depan atau di belakang). Bila pesawat pemain yang tertembak, akan terdengar suara yang lebih keras dan teriakan "Aaaaaaaaa........" Dan setiap kenaikan level, akan disebutkan (ada suaranya) score yang dicapai oleh pemain.
Menarik ga? Ada usul game lain?
Gimana kalau game musik? Kira2 gameplay nya begini. Di awal permainan, pemain diperdengarkan dulu bunyi dari tombol kiri, tombol kanan, tombol atas dan tombol bawah. Program akan mengeluarkan 3 suara berurutan. Misalnya suara tombol kiri, kiri, kanan. Kemudian pemain harus menekan tombol sesuai urutan tadi. Jadi pemain harus menekan tombol kiri, kemudian kiri dan kemudian kanan. Kalau tepat dan benar ketukannya, dapat nilai 100. Kalau salah, nilainya tidak 100. Program kemudian akan mengeluarkan 3 suara berurutan lainnya. Misalnya kiri, atas, kiri. Dan Pemain harus menekan tombol kiri, atas, kiri juga. Dst, dst. Dan jangan lupa ada suara orang juga yang menerangkan score yang didapatnya.
Ada ide lain?
Kalo bikin game di handphone pakai apa sih? Pakai J2ME. Itu adalah tools programming keluarga Java. Memang sudah ada beberapa handphone yang bisa Flash. Tapi kayaknya belum populer dan belum full kompatibel deh.
Nah, untuk kamu yang punya jiwa sosial dan mau membuatkan game untuk teman2 kita yang tuna netra, kapan nih mulai membuatnya? Belajar dulu bikin game yang gampang ya. Nanti baru bikin game yang khusus untuk mereka.

0 comments:

Posting Komentar