Kursus Singkat Bikin Game

*** UNTUK SEMENTARA SAYA TIDAK MENERIMA MURID BARU ***

Kamu juga bisa membuat game dengan mudah. Saya akan ajarkan.

Kursusnya cukup 60 menit saja (1 kali pertemuan) kamu pasti bisa. Karena dengan tools 3D Gamemaker, bikin game tidak perlu mengerti pemrograman. Syaratnya: udah kelas 3 SD ke atas.

Kalau mau belajar Dasar-dasar Game Maker juga boleh (3 kali pertemuan).

Kursus diadakan di rumah saya (Tangerang). Tapi janjian dulu ya. SMS aja ke 0856-123-7920 (Bp. Julius)

Saya juga bersedia mengajar ekstrakurikuler Bikin Game, menjadi guru tamu ataupun mengadakan workshop Bikin Game 1 hari.

www.kursusgame.blogspot.com

Jumat, 22 Agustus 2008

Rating game dari ESRB


Pernah liat simbol2 di atas? Ya simbol tersebut ada di cover CD/DVD game. Simbol 2 itu adalah simbol penggolongan game.

EARLY CHILDHOOD
Simbol eC (Early Childhood) berarti game yang boleh dimainkan oleh anak berumur 3 tahun ke atas. Tidak ada materi yang perlu dikawatirkan.
EVERYONE
Simbol E (Everyone) berarti game tsb cocok untuk anak berumur 6 tahun ke atas. Isinya mungkin berisi sedikit kartun, fantasi atau sedikit kekerasan.
EVERYONE 10+
Simbol ini berarti game cocok untuk anak 10 tahun ke atas. Di dalamnya ada lebih banyak unsur kartun, fantasi, sedikit kekerasan atau sedikit bahasa kasar dan/atau sedikit bersifat mempengaruhi.
TEEN
Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk anak 13 tahun ke atas. Di dalamnya mungkin berisi kekerasan, hal-hal yang bisa mempengaruhi, humor kasar, sedikit darah, simulasi perjudian dan/atau bahasa yang kasar.
MATURE
Simbol ini menunjukkan bahwa game hanya cocok untuk 17 tahun ke atas. Di dalamnya mengandung banyak kekerasan dan darah, berbau seks dan/atau kata-kata kasar.
ADULTS ONLY
Simbol ini berarti game ini hanya cocok untuk 18 tahun ke atas. Di dalamnya mengandung adegan kekerasan berkepanjangan dan/atau seksual dan ketelanjangan.

Pengelompokan tersebut dilakukan oleh ESRB (Entertainment Software Rating Board), sebuah lembaga nonprofit. Dalam setahun mereka rata2 memberi penilaian atas 1000 game. Lembaga ini sering dinilai terlalu ketat dalam memberi penilaian. Tapi lebih baik begitu daripada terlalu longgar, ya.

Kadang2 developer game mengeluarkan produknya ke pasaran sebelum selesai mendapatkan rating. Maka mereka berhak menggunakan simbol RP (Rating Pending)

Untuk informasi selengkapnya tentang ESRB, kamu bisa lihat di situs mereka www.esrb.org

Nah, sekarang giliran kamu periksa game2 yang ada di rumah. Sudah sesuai dengan umur kamu/belum?

0 comments:

Posting Komentar