Kursus Singkat Bikin Game

*** UNTUK SEMENTARA SAYA TIDAK MENERIMA MURID BARU ***

Kamu juga bisa membuat game dengan mudah. Saya akan ajarkan.

Kursusnya cukup 60 menit saja (1 kali pertemuan) kamu pasti bisa. Karena dengan tools 3D Gamemaker, bikin game tidak perlu mengerti pemrograman. Syaratnya: udah kelas 3 SD ke atas.

Kalau mau belajar Dasar-dasar Game Maker juga boleh (3 kali pertemuan).

Kursus diadakan di rumah saya (Tangerang). Tapi janjian dulu ya. SMS aja ke 0856-123-7920 (Bp. Julius)

Saya juga bersedia mengajar ekstrakurikuler Bikin Game, menjadi guru tamu ataupun mengadakan workshop Bikin Game 1 hari.

www.kursusgame.blogspot.com

Kamis, 02 Oktober 2008

Bikin Game pertama di MMF2

(MMF2 = Multi Media Fusion 2)
Ternyata memang benar bahwa tiap software programming punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kali ini saya mengalaminya menggunakan Multi Media Fusion 2.

Game pertama yang saya buat adalah game shoot biasa. Di layar tampak sebuah bangunan, kemudian tiap beberapa saat akan muncul musuh kita yang kemudian langsung bersembunyi lagi di belakang gedung. Bila pada saat musuh itu muncul dan kita mengkliknya/menembaknya, maka kita akan mendapatkan score. Sederhana kan?

Tapi ternyata pembuatannya tidak mudah. Saya sampai harus masuk ke forumnya dan menanyakan kepada technical supportnya. Sampai-sampai technical supportnya tidak menjawab lagi dan saya masih belum menyelesaikan masalah saya.

Setelah coba sana-sini, lihat help, dsb. Akhirnya ketemu sendiri juga pemecahannya. Tapi saya bilang terima kasih ke technical supportnya dan saya kasih tahu solusi yang saya temukan.

Beberapa masalah dalam pembuatan game ini (tidak langsung berjalan sesuai keinginan kita):
1. Musuh tidak otomatis ada di belakang bangunan. Harus diakalin di program.
2. Ketika musuh ada di belakang bangunan, ternyata kita masih bisa mengklik musuh dan mendapatkan score. Ngaco kan?
3. Penggunaan path. Kapan musuh mulai jalan dan kembali ke tempat. Saya menggunakan timer yang malah membuat musuh berjalan kacau setiap timer tersebut aktif.

Masalah 1 dan 2 sudah saya selesaikan. Masalah nomor 3 saya biarkan saja. Kan cuma untuk coba-coba. Lumayan. Dengan mencoba membuat game ini (kayanya lama banget deh bikinnnya, sampe 1 harian, sempet tidur malam juga), saya tambah tahu programming di MMF2.

0 comments:

Posting Komentar