Kursus Singkat Bikin Game

*** UNTUK SEMENTARA SAYA TIDAK MENERIMA MURID BARU ***

Kamu juga bisa membuat game dengan mudah. Saya akan ajarkan.

Kursusnya cukup 60 menit saja (1 kali pertemuan) kamu pasti bisa. Karena dengan tools 3D Gamemaker, bikin game tidak perlu mengerti pemrograman. Syaratnya: udah kelas 3 SD ke atas.

Kalau mau belajar Dasar-dasar Game Maker juga boleh (3 kali pertemuan).

Kursus diadakan di rumah saya (Tangerang). Tapi janjian dulu ya. SMS aja ke 0856-123-7920 (Bp. Julius)

Saya juga bersedia mengajar ekstrakurikuler Bikin Game, menjadi guru tamu ataupun mengadakan workshop Bikin Game 1 hari.

www.kursusgame.blogspot.com

download di sini














Saya mengakhiri liburan Lebaran dengan membuat 1 game pendidikan lagi berjudul Tangkap Pisang dengan Multi Media Fusion 2 (MMF2).

GAMEPLAY
Di layar akan muncul sebuah keranjang bertuliskan sebuah 'kata'. Kemudian akan muncul 1 buah pisang dengan sebuah 'kata'. Jika 'kata' di pisang sama dengan 'kata' di keranjang, maka keranjangnya harus digeser untuk menangkap pisang. Jika pisang yang ditangkap adalah pisang yang benar, maka scorenya akan bertambah. Tapi jika salah tangkap, score akan berkurang. Pisang yang muncul hanya 2 buah saja, yaitu di kiri dan di kanan. Jika tidak ada pisang yang benar, maka keranjang bisa menunggu di posisi tengah layar, sebab jika salah tangkap pisang, scorenya juga akan berkurang.


PEMBUATAN

Setelah mencari object/komponen apa yang harus dipakai untuk menuliskan 'kata', maka akhirnya saya menggunakan object String. Beberapa object sejenis String ternyata kurang cocok untuk digunakan dalam game ini.

Untuk file image, ternyata harus convert file .jpg ke .png dulu (bisa menggunakan Photoshop) supaya efek transparant-nya berfungsi halus.

Dalam game ini saya juga mulai menggunakan lebih dari dua kondisi di dalam satu event. Pada game sebelumnya saya kira MMF2 tidak menyediakan kemungkinan menggunakan dua kondisi dalam satu event.

Saya juga mulai menggunakan event 'Always' untuk memerintahkan 'kata' untuk selalu tampil di depan pisang dan dalam posisi tertentu (relatif terhadap gambar pisang).

SAYANGNYA
Saya tidak membackup source code sebelum saya mengupdate. Padahal setelah anak saya memainkan game ini, saya merasa perlu untuk menyempurnakan. Jadi.... klik sana-sini, saya sesuaikan speed dan ukuran gambar supaya lebih nyaman dimainkan. Tetapi yang terjadi malah 'kata' di pisang yang sebelah kiri mulai tidak tampil setelah beberapa kali.

Satu dua hari saya mencoba membetulkan dan mencari solusi di forum MMF2, tapi tidak berhasil. Entah MMF2 yang ada bug, atau saya yang memang belum mengerti benar. Yang jelas, saya kecewa sekali karena program yang maunya mudah malah bikin pusing.

UNTUNGNYA
Untungnya file .exe yang sebelum diperbaiki masih ada dan masih bisa dimainkan. Ada yang mau? Silakan download di sini

5 comments:

Anonim mengatakan...

Setelah saya download, header zipnya kok error.
sydah saya ulangi hasilnya tetap sama.
terima kasih

julius mengatakan...

tolong kirim alamat email anda ke bestnetter@gmail.com
nanti saya kirimkan filenya ke email anda
mungkin bisa berhasil
terima kasih

Anonim mengatakan...

tolong diperbaiki bug yang satu ini:
saya coba memainkan gamenya tapi tiba-tiba tidak ada gambar keranjang,tetapi pada saat saya membuka file basket.png baru keluar gambar keranjangnya

julius mengatakan...

ok. terima kasih ya

Anonim mengatakan...

bagi ane dong

Posting Komentar