Kursus Singkat Bikin Game

*** UNTUK SEMENTARA SAYA TIDAK MENERIMA MURID BARU ***

Kamu juga bisa membuat game dengan mudah. Saya akan ajarkan.

Kursusnya cukup 60 menit saja (1 kali pertemuan) kamu pasti bisa. Karena dengan tools 3D Gamemaker, bikin game tidak perlu mengerti pemrograman. Syaratnya: udah kelas 3 SD ke atas.

Kalau mau belajar Dasar-dasar Game Maker juga boleh (3 kali pertemuan).

Kursus diadakan di rumah saya (Tangerang). Tapi janjian dulu ya. SMS aja ke 0856-123-7920 (Bp. Julius)

Saya juga bersedia mengajar ekstrakurikuler Bikin Game, menjadi guru tamu ataupun mengadakan workshop Bikin Game 1 hari.

www.kursusgame.blogspot.com

Saya tidak pernah membuat game menggunakan Flash sebelumnya. Padahal saya sudah punya buku Flash sekitar 9 buah. Tapi baru sebatas pada mengikuti contoh saja. Jadi belum pernah membuat game Flash kreasi sendiri. Memang agak sulit, dan ada beberapa tools lain yang lebih mudah untuk membuat game, sehingga Flash bukan tools pilihan saya.

Kali ini saya menemukan sebuah situs yang menyediakan template-template untuk membuat game flash. Idenya bagus sekali. Jadi saya tidak usah susah-susah menggambar dan menulis script di dalam flash untuk membuat sebuah game. Nama situsnya www.ClassTools.net

Berikut ini satu contoh game pendidikan yang saya buat dalam waktu 15 menit saja. Kali ini gamenya tentang PENJUMLAHAN ANGKA 1-5. Bisa langsung dimainkan di sini (tidak usah didownload dulu).

Click here for full screen version



GAMEPLAY
Mula-mula anda harus mengklik tombol PLAY, kemudian akan muncul 4 buah pilihan game.
1. Game Manic Miner
Pertanyaan muncul di bagian bawah layar. Pemain harus melompat atau berjalan ke arah jawabannya yang melayang-layang di udara.
2. Cannonball Fun
Pertanyaan juga muncul di bagian bawah layar. Pemain harus mengarahkan dulu cannon (pakai panah atas-bawah untuk mengubah arah, panah kiri-kanan untuk geser canon, spacebar untuk mengatur kekuatan tembakan), kemudian menembak jawaban yang tepat.
3. Matching Pairs
Ini adalah game Memory. Pemain bertugas membuka 2 buah kartu. Bila kartu yang dibuka adalah cocok (yang satu pertanyaan, yang satu jawabannya), maka kedua kartu itu tidak ditutup lagi.
4. Game Wordshoot
Pada bagian bawah layar akan dimunculkan pertanyaan tentang penjumlahan. Jawabannya bertebaran di tengah layar. Pemain tinggal mengklik jawaban yang benar. Pada level kedua dan seterusnya, jawaban-jawaban tersebut tidak lagi statis melainkan akan bergerak-gerak sehingga akan merepotkan pemain.

Oya, game ini membatasi pemain dengan waktu. Bila pemain berlambat-lambat, ya Game Over.

0 comments:

Posting Komentar